Daihatsu Hijet 1000 Tahun 1984 Jogjakarta Sebuah Totalitas

Sebuat totalitas dalam berkarya telah dibuktikan oleh Rifai Nurhasan dari rumah modifikasi N-Joy 76 Extreme Custom Jogjakarta. Sebuah mahakarya yang spektakuler kembali tertoreh diawal bulan ini. Rifai kembali berkarya dengan memodif mobil Daihatsu Jijet 1000 produksi tahu 1984 menjadi sepeda motor dengan konsep old school.
“Memang pengerjaanya juga terhitung cepat. Sebab hanya memakan waktu sekitar tiga bulanan. Padahal kalau dilihat, motor ini 100% full custom. Memang untuk soal kendala dan kesulitan, tentunya sangat banyak sekali. Mulai dari pemb uatan frame, pemasangan mesin hingga pembikinan gear box. Justru kendala terberat bagi saya adalah pembikinan gear box.” Buka rifai dengan nada serius. Dikatakan lebih lanjut oleh rifai, bahwa kendala utama dikarenakan pengerjaan mesinnya tidak dibengkelnya sejak awal, dan mesin datang saat pengerjaan frame sudah setengah jadi. Namun karena perhitungannya sudah tepat, maka pemasangan bisa dilaksanakan walau harus menambah beberapa dudukan tambahan.
“Frame bisa diatasi dengan baik. Yang frame dan semua kaki-kaki bisa berfungsi, sangat aman untuk dikendarai, nyaman dan sangat kuat. Karena untuk menyesuaikan dengan konsep old school, maka tangki memang sengaja dibikin kecil. Dan hanya berkapasitas untuk lima liter bensin saja,” tambah rifai.
Tak hanya itu saja, unsur balance atau keseimbangan dalam berkendara juga sudah diperhitungkan sebelumnya oleh rifai. Balance akan dirasakan saat pengendara mulai memegang setang motor. Dan mulai menjalankannya dengan pelan kemudian agak banter sedikit. “Balance sudah kami perhitungkan sebelumnya, panjang frame, lebar frame, kekuatan farame dan keseimbangna dengan kaki-kaki serta setang sudah kami hitung dengan sangat akurat. Jadi motor ini sangat safety,” tambah rifai lagi.

Mesin dan Gear Box
Mesin memang masih standar dan tanpa ada perubahan didalamnya. Sehingga mudah dalam pemasangannya. Yang menjadi kendala utama dimesin adalah pembikinan gear boxnya. Sudah mencari yang pas dari berbagai produk tetap nggak ada. Akhirnya bisa kami akali dengan gear box milik triumph yang kami custom ulang. “Memang yang bikin pusing dibagian gear box ini. Sudah beberapa produk dicoba tapi nggak cocok. Akhirnya pakai jurus custom. Gear box triumph yang saya custom dibengkel. Dan akhirnya masalah ini dapat teratasi. Namun setelah ini juga masih ada masalah dipeasangan kipas pendingin dibelakang radiator. Banyak produk yang nggak pas buat motor ini. Terpaksa kami main potong dipanjang kipas. Biar ukuranya pas dengan luas radiator,” tutup pria yang baru saja dikaruniai seorang putra ini. ToYonG.

Arrow
Arrow
ArrowArrow
Slider

Data Modifikasi:
▪Sock Depan:Springer Custom▪Sock Belakang:Rigit Custom▪Swing Arm:Custom▪Frame:Custom
▪Body:Custom▪Ban Dp/Blk:Avon Speed Master 350-19&Shineko E70 500-17
▪Master Dpn/Blk:Variasi▪Kaliper Dp/Blk:Variasi▪Setang:Custom▪Lampu Dpn/Blk:Variasi
▪Knalpot:Custom▪Gear Box:Triumph Dicustom▪Mesin:Daihatsu Hijet 1000▪Pengerjaan:3-Bulan
▪Modifikator: N-Joy 76 Extreme Custom Jogja▪Alamat :Jl. Kaliurang KM.5,5
(Dpn SMPN 2 Depok) Depok Sleman Jogjakarta▪HP: 081-7337-4433 PIN:27732EC0

One comment

  1. Bos.., itu GearBox bisa pakai motor pabrikan yg ada d jalan gak.., maksudnya kita ambila bagian gearbox-nya aja dari motor yang ada.., untuk dikawinkan ama mesin hijet itu? matur Nuwun….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »