Urban Off Road Mainan Baru Didunia Off Road

Biasanya off road selalu diselenggarakan dialam liar yang disulap menjadi sebuah sirkuit. Atau terkadang juga dilakukan dialam pengunungan serta menyusuri sungai. Olahraga bermotor yang biasanya menggunakan mobil bertenaga besar 4X4 ini, sangat digandrungi semua kalangan. Tua, muda, lelaki dan perempuanpun juga menyukai olahraga yang lebih mengutamakan skill dan nyali dalam menahklukan medan-medan yang dilalui.
Namun, diakhir mei dan juga diawal bulan juni kemarin, dikota jogjakarta muncul even off road yang jauh berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Dimana off road yang satu ini justru diselenggarakan ditempat yang bersih dan tidak dilakukan dialam liar. Akhir mei lalu, urban off road dilakukan dihalaman barat Hartono Mall Jogjakarta. Dan diawal juni kemarin, diacara IMI Jogja Autofest #3, urban off roaf digelar dilaman parkir barat stadion Mandala Krida jogjakarta.
“Ini adalah bentuk lain atau metamorfosa dari off road. Off road seperti ini bisa disebut sebagai urban off road ataupun stadium off road. Memang ini gelaran even kedua kalinya. Dieven pertama sekitar 30-an off roader ikut ambil bagian. Dan dieven kali ini sekitar 49-an yang ikut. Jadi pesertanya selalu bertambah,” terang Heri Agung selaku panitia penyelenggara dari J-Adventure Jogjakarta. Diterangkan lebih lanjut oleh heri, bahwa untuk penilaian adalah disoal ketepatan waktu. Dimana setiap pembalap dan navigatornya, wajib melakukan balap dengan waktu sekitar satu menit. Sedangkan peserta dibagi menjadi dua kelas. Yaitu kelas 1.000cc dan kelas Free For All (FFA).
“Jadi yang menang adalah mereka yang menyelesaikan balap dalam satu putaran, dengan waktu hanya satu menit. Kalau tidak ya minimal mendekati waktu satu menit lebih sedikit. Atau hampir mirip dengan kelas bracket kalau didrag race. Kami menggunakan sistim semacam ini, tujuanya agar off roader bisa benar-benar bisa menikmati balap. Dan bukan balap cepat-cepatan. Sebab bila off roader geber dengan secepat mungkin dan masuk finis dengan waktu kurang dari satu menit, makan akan dinyatakan gagal atau hasilnya tidak dipakai. Tapi biasanya tidak ada peserta yang mampu menyelesaikan dibawah satu menit. Kalau yang lebih dari itu sangat banyak,” tutup pria berkacamata ini. ToYonG.

Arrow
Arrow
ArrowArrow
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »