Pelatihan Safety Riding kepada 364 Karyawan PT Kubota Indonesia

Semarang-Pentingnya aman berkendara dengan motor sepertinya disadari betul oleh manajemen perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur teknologi diesel untuk pertanian, yakni PT Kubota Indonesia. Dimana banyak karyawannya yang bekerja atau berkegiatan sehari-hari dengan motor.
Karenanya mereka menggandeng tim safety riding Honda Jateng untuk memberikan pelatihan safety riding kepada 364 karyawannya. Kegiatan tersebut dilakukan pada lahan parkir pabrik Kubota, di kawasan Bukit Semarang Baru, Sabtu (24/9) lalu.

garcom-astra-motor-jateng-beri-pelatian-safety-riding-buat-karyawan-kubota3-coba-iding-trainer
Oke Desiyanto selaku Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah mengatakan bahwa pelatihan safety riding ini merupakan hasil kerja sama sinergis antara Astra Motor dengan pihak Kubota.
“Kami bersama tim selalu siap untuk bisa menyebarkan virus aman berkendara. Teknologi motor Honda sudah sangat aman, cara berperilaku pengendara yang terus kita edukasi agar tidak ugal-ugalan di jalan raya,” ungkap Oke.
Kerja sama ini bisa terjadi atas kesadaran PT Kubota Indonesia yang dalam beberapa waktu terakhir, beberapa karyawannya mengalami kecelakaan dalam perjalanan menuju tempat kerja. Sehingga, kegiatan ini bisa disebut sebuah langkah kongkret supaya keselamatan karyawan selalu terjaga.

garcom-astra-motor-jateng-beri-pelatian-safety-riding-buat-karyawan-kubota-1-coba-narrow-plank garcom-astra-motor-jateng-beri-pelatian-safety-riding-buat-karyawan-kubota-2
Direktur Umum PT Kubota Indonesia Robinson Winward menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa mewujudkan zero accident di lingkungan perusahaan, baik pada saat kerja ataupun perjalanan menuju tempat kerja. “Pelatihan ini saya yakini bisa efektif menularkan cara aman berkendara. Hampir seluruh karyawan menggunakan sepeda motor, untuk itu, mengenali cara-cara agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas jadi hal krusial untuk menekan angka kecelakaan kerja,” lanjut Robinson menjelaskan.
Lantas terkait materi yang diberikan diantaranya adalah teknik aman berkendara, baik secara teori maupun praktek langsung. Mulai dari teknik dasar seperti mounting & dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar, termasuk memeriksa kendaraan dan memastikan postur tubuh yang baik saat berkendara.
Hingga ke teknik pengereman (breaking), guna mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan akibat salah teknik pengereman. Seperti ketika hendak melewati jalanan basah & licin atau jalanan berliku. Kemudian, pengunjung juga diajarkan teknik keseimbangan diatas jalan sempit (narrow plank), dan teknik melewati jalanan bergelombang (bumpy road). Tak ketinggalan peserta juga akan dikenalkan teknik slalom course atau cara melakukan akselerasi serta handling kemudi dengan benar.
Semua teknik diatas dilatih secara langsung oleh instruktur berpengalaman dengan menggunakan fasilitas standar Honda. Berbagai macam jenis dan tipe motor Honda keluaran terbaru pun tersedia guna kebutuhan praktek langsung, mulai dari skutik hingga tipe sport. Teknologi Honda Riding Trainer (HRT) pun digunakan untuk membantu mengajarkan cara berkendara dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
Buat tahu saja, kegiatan semacam ini tengah digencarkan Astra Motor Jateng untuk menyebarkan virus safety riding. Di tahun 2016, sudah ada 6.522 peserta yang telah mengikuti pelatihan aman berkendara yang diselenggarakan Astra Motor Jateng. (Penulis/foto:JonoLTG/Dok.Astrajateng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »