M. Harjanto Ki Lurah Offroad Kuasai Lebih dari 500 Lagu

Offroader kawakan nasional M. Harjanto atau yang lebih dikenal dengan Ki Lurah Offroad adalah sosok yang menyenangkan. Selain dikenal dengan keramah tamahanya, pria yang pernah mengikuti ajang Rainfotest Challange di Malaysia ini, ternyata memiliki jiwa seni yang tinggi. Selain piawai dalam seni restorasi dan clasik, M. Harjanto juga dikenal sebagai seniman musik.


Kesukaan menyanyinya sejak masih kecil dulu, rupanya masih dilakononya sejak saat ini. Tercatat lebih dari 500-an lagu dari semua jentre musik berhasil dia kuasai. Bahkan saar garassi.com menyambangi kediamanya di wilayah Kaliboto Purworejo Utara, ki lurah offroad menyanyikan sekitar delapan lagu.


Tak hanya itu saja, selain pandai bernyanyi, pria yang juga memiliki julukan The Jungle Man ini juga lihai memainkan alat musik seperti gitaar, orgen, band, gamelan dan sebagainya. Bahkan, seni membonsaipun juga dimiliki pria 49 tahun ini.


“Kalau musik khususnya gitar, memang sejak saya masih kecil memang saya sudah bisa mainkan. Sedangkan untuk lagu-lahu yang saya kuasai, hampir semua lagu dari semua aliran saya bisa bawakan de ngan baik,” kata pemilik bengkel Double Gardan ini.


Ibarat pribahasa buah jatuh tak jauh dari pohonny, jiwa seni yang dimiliki harjanto ini, rupanya diwarisi oleh ketiga putranya. Jihantama Hardjanto putra pertamanya yang mahasiswa Teknik Mesin UNDIP Semarang, Viga Laksana Hardjanto siswa kelas dua SMUN 1 Purworejo dan siragil Bonanta Ramadhan Hardjanto yang masih kleas 1 SMP, memiliki keahlian menyanyi dan bermain musik. Bahkan, Jihantama atau putra tertuan harjanta, berencana di bulan juli mendatang mengikuti ferstival lagu di Singapura.


Jangan heran bila berkunjung kerumah ki lurah offroad didaerah Kaliboto Purworejo Utara tersebut, banyak terdapat benda-benda seni yang dipasang didalam dan luar rumahnya. Seperti lukisan, patung, alat musik, kerajinan, bonsai dan bahkan binatang peliharaan juga ada dikediamanya. (Penulis/Foto: Riy@n).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »