Sirkuit Baru Gunungkidul Buat Latihan Setiap Sore

Kota Wonosari Gunungkidul Yogyakarta, dikenal sebagai wilayah gudangnya pembalap top tanah air. Banyak pembalap berprestasi nasional ataupun internasional lahir dari kota yang sangat dikenal dengan wisata pantainya ini.


Sebut saja Sudarmono, Sigit PD, Yoga Adi Pratama, Martin CP, Asep Eko dan yang lainnya. Nama-nama itulah yang telah mengharumkan gunungkidul dikancah balap motor nasional dan internasional. Bahkan, Sudarmono, Sigit PD dan Yoga Adi Pratama saat ini masih ikut dibeberapa even balap motor bergengsi.


Bila dilihat dari letak geografisnya yang banyak perbukitan, gunungkidul tidak memiliki tempat yang bisa dipakai buat latihan balap. Dan para pembalap road race gunung kidul ini kalau latihan balap harus rela berjauh-jauk berlatih di stadion Maguwoharjo Sleman ataupun distadion Mandala Krida kota Yogya. Yang nota bane selain jauh juga memakan banyak biaya.


Namun kini para pembalap gunungkidul ini bisa bernafas lega. Sebab di wilayah gunungkidul sudah ada tempat atau semacam sirkuit yang bisa dipakai buat latihan road race. Adalah sirkuit lapangan parkir pasar hewan Siyono Gunungkidul yang sudah sekitar dua minggu-an ini dipakai para pembalap gunungkidul untuk berlatih.


Dengan hamparan aspal yang lumayan luas, parkiran pasar hewan Siyono tersebut. Dipakai latihan para pembalap setiap hari selasa dan kamis sore. “Awalya tempat ini nggak boleh buat latihan. Terus setelah kami mengajukan permohonan ijin berlatih ke Pemda Gunung Kidul dan DPRD Gunungkidul, akhirnya tempat ini diijinkan buat latihan balap. Sementara kami latihan masih hari selasa dan kamis sore saja. Kedepanya kami akan menggunakan tempat ini utuk latihan sebanyak tiga kali dalam seminggunya,” kata Martin CP salah satu pembalap andalan gunungkidul yang kini mengelola tim Honda Arya117 ini.


Hal senada dikatakan oleh pembalap Sudarmono. Pembalap yang lebih dikenal dengan sebutan Momon 54 ini, mengatakan bahwa dengan adanya parkiran Siyono ini, maka para pembalap tidak perlu terlalu sering turun kekota jogja buat latihan. Tinggal mamakai tempat yang sudah ada saat ini.


“Maka dengan adanya parkira pasar hewan siyono ini, kami bisa berlatih disetiap sorenya. Dan kami yang jelas nggak perlu repot-repot sering turun kebawa. Mungkin kalau latihan bersama tim, kami baru turun ke jogja buat latihan. Sekarang tinggal memanfaatkan tempat latihan disini yang ada terlebih dahulu. Yang penting saat ini kami sudah tenag dengan tempat ini,” ungkap darmono yang langsung diamini Sigitn PD dan Yoga Adi Pratama secara kompak.


Yang lebih istimewa lagi, latihan dihari kamis sore (22/6) tadi, dihadiri secara langsung ketua Pengda IMI DIY yang baru terpilih bapak Eka Sulistiana. “Saya senang para pembalap gunungkidul bisa berlatih disini. Tentunya nantinya akan lebih banyak lagi muncul pembalap-pembalap talenta muda dari gunung kidul. Kedepanya kami juga akan memikirkan keberadaan sirkuit permanen buat road race diwilayah gunungkidul ini. Untuk sementara memang lahan untuk sirkuit seluas 6 hektar di daerah Pancarejo Semanu sudah ada. Tinggal mencari pendanaanya saja,” ujar eka sulistiana pada garassi.com di sore itu.


Acara latihan spesial disore tadi, juga sangat spesial setelah latihan balap, terus dilanjutkan dengan buka bersama antar pembalap, mekanik dan cru bengkel yang ikut latihan sore tadi di Taman Kuliner Wonosari atau disebelah utara alun-alun kota wonosari gunung kidul. (Penulis/Foto: Riy@n).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »