Yamaha RX King 2004 Jogja Sang Raja Sirkuit

Tampilan motor Yamaha RX King langsiran tahun 2004 milik bengkel RKR Bantul Jogjakarta ini memang terlihat biasa saja. Sama saja dengan motor-motor yang lainnya. Sebab terkadang juga sering dipakai buat harian. Bahkan spek mesinnya juga masih tetap standar.


Namun, saat dilintasan yamaha RX king yang dibesut oleh pembalap senior asal kota jogjakarta Adi AW ini sungguh luar biasa. Bahkan beberapa podium telah dipersembahkan oleh motor yang bermarkas daerah jalan Imogiti Timur KM.17,5 Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul, Jogjakarta ini.


Kemampuan mesin yang digarap oleh pak Nyong dari tim AWRT RKR Agung Mulyo Sate Pak Nyong Racing Team Jogjakarta ini, mampu bersinergi dengan skil balap yang dimiliki Adi AW disetiap lintasan. Sehingga hasilnya sangat menggembirakan. Apalagi, motor ini didukung oleh knalpot SMR Racing Muffler jenis kolong 3V3 plar karat yang memang sudah terkenal untuk ajang-ajang road race.


“Untuk mesin sesunggunya masih mendekati standar. Atau bisa dibilang masih standar. Hanya saja, saya mengganti karburator dengan karburator standar aslinya. Dan juga menggunakan knalpot khusus produk dari SMR Racing Muffler kolong 3V3 plat karat yang dibikinkan secara khusus oleh cak Ipul SMR” kata pak Nyong selaku mekanik.


Pak nyong menambahkan, bahwa dibeberapa ajang road race khusus yamaha RX king bualan lalu disirkuit Sidotopo Wawitan magelang, motor ini telah teruji kemampuanya dengan menyabet beberapa juara. Diantaranya adalah saat ajang Fun Race Yamaha RX King kemarin adalah juara pertama dikelas RX Tune Up 140cc Open Komunitas, kemudian juara dua kelas RX Tune Up 140cc Open, dan juara dua kelas FFA Open.


Hal senada juga dikatakan oleh Adi AW selaku pembalap yang memang selalu menaiki motor tersebut. Menurut adi, motor tersebut sangat liar saat dinaiki. Namun keliaranya masih bisa dikendalikan dengan baik. Bahkan dengan knalpot produk dari SMR Racing Muffler tersebut, putaran bawah dan putaran atasnya masuk semuan.


“Memang saya sendiri sangat hafal dengan karakter mesin motor ini yang memang liar. Namun keliaranya masih mudah saya kendalikan. Apalagi sejak dulu SMR Racing Muffler Jogja selalu mensuport motor ini. Sehingga knalpot yang memang oleh cak Ipul dibikin secara khusus buat motor ini, tenaganya menjadi tambah luar biasa. Putaran atas dan putaran bawahnya ngisi semua,” terang Adi AW saat berjumpa garassi.com beberapa waktu yang lalu.


Masih menurut adi, motor akan sangat terasa power full saat melibas trek-trek panjang, kemudian tikungan dan langsung trek panjang lagi. “Jadi motor sangat power full saat saya geber ditrek panjang. Tenaganya bisa keluar secara maksimal,” tutup pemilik nomer star 68 ini. (Penulis/Foto: Riy@n).

DATA MOTOR:
Sock Depan : Standar
Sock Belakamng : Ohlins
Swing Arm : Standar
Frame/Sasis : Standar


Veleng Dp/Blk. : Rossi Ring 17
Ban Dp/Blk. : FDR 80/80-17 & 90/90-17
Master Dp/Blk. : Standar
Kaliper Dp/Blk.: Standar
Setang : Custom


Knapot : SMR Racing Muffler
Karburator : Standar
Mesin : Standar Kompetisi
Bengkel : RKR pak Nyong Motor
Alamat : Jl. Imogoro Timur KM.17,5 Wonokromo Pleret
Bantul Jogjakarta
HP/WA : 0819-1555-2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »