Kopdar NISMOXIC Jelajah Lingkungan

Acara KOPDAR (Kopi Darat) NISMOXIC kali ini yang mengambil tema “Jelajah Lingkungan” bertujuan untuk mempererat jalinan silaturrahmi sesama anggota dan sekaligus untuk mengedukasi anggota NISMOXIC untuk lebih mencintai lingkungan alam, serta ikut berpartispasi dalam penegakan aturan berkendara dan tata tertib di jalan raya.

Dengan mengambil star atau titik kumpul di halaman TVRI Jakarta, pada hari minggu (29/10) kemarin, pada pagi hari tersebut, rombongan berlanjut bertolak menuju pantai Anyer, Serang, Banten.

Perlu diketahui, bahwa NISMOXIC (Nissan Motor X-Trail Indonesia Comunity) secara resmi didirikan pada tanggal 1 oktober 2017 dengan visi “Lingkungan dan Budaya” dan motto “Solidaritas Tanpa Batas”, dimana anggotanya adalah para pengguna dan atau pemilik Nissan X-trail yang memiliki semangat persaudaraan, solidaritas dan silaturahmi yang kuat sesama anggota.

“NISMOXIC tidak memandang siapa kamu jenis atau tipe kendaraan xtrail-mu, jabatanmu atau berapa banyak uangmu, kita semua disini adalah saudara, jadi setiap anggota NISMOXIC berhak untuk berpendapat dan memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan organisasi” kata Hilmy selaku Ketua Umum NISMOXIC mengingatkan kembali kepada peserta pada saat briefing sebelum perjalanan kopdar kemarin.

Berdasarkan visi inilah NISMOXIC mengadakan Kopdar bertemakan “Jelajah Lingkungan” yang bertujuan mengedukasi anggota untuk cinta lingkungan dengan mewajibkan peserta untuk memungut sampah terutama sampah plastik dan sampah non organik dilokasi kopdar. Masing masing anggota dibekali satu kantong plastik untuk memungut sampah-sampah plastik dan organik yang ditemui sepanjang laut Ayer.

“Jika kita merasa bagian dari lingkungan, dan lingkungan merupakan bagian dari kehidupan kita, maka siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kalau bukan kita sendiri. Makanya kita harus selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkingan kita,” ucap Husin Munir yang selaku sekjen NISMOXIC.

Berbicara mengenai budaya selain bayaknya ragam budaya di Indonesia, NISMOXIC akan membantu pemerintah untuk mensosialisaikan budaya berkendara yang sesuai peraturan di jalan raya. “Ada penegakan aturan berkendara dan tatatertib yang harus di taati sebagai Anggota Komunitas, seperti larangan pengunaan strobe, rotator, plat nomor dinas, sirine dan tertib berkendara serta aturan Konvoi di jalan” tambah Hilmy.

Beberapa Acuan terkait budaya berlalu-lintas antara lain.:
a. UU Nomor 2 Thn 2002 tentang kepolisian negara republik indonesia
b. UU Nomor 2 Thn 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan
c. Peraturan pemerintah nomor 80 tahun 2012 tata cara riksa ranmor dan dakgar lantas TTK
d. peraturan pemerintah nomor 44 tahun 1993 tentang Ran dan pengemudi TTK.

Dengan memberikan contoh kepada masyarakat, diharapkan budaya tertib dalam berkendara dapat menular pada komunitas roda empat di seluruh nusantara. “Nismoxic bukan hanya komunitas tapi komunitas nismoxic ada karna kita dan untuk kita” tutup Hilmy diakhir acara. (Penulis: Satria/Foto: Dok. NISMOXIC).

 

NISMOXIC (Nissan Motor X-Trail Indonesia Comunity)
Email: nismoxic@gmail.com

One comment

  1. Mantap..maju terus nismoxic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »