UMS Otocontest 2017 – #Breakthrought Penerobosan Dinding Tradisi

Sukoharjo – UMS Otocontest 2017 kembali hadir di tahun ini dengan kemasan yang baru dan berbeda dari gelaran-gelaran sebelumnya. Mengusung identitas #BREAKTHROUGH, gelaran UMS Otocontest 2017 ini membawa cirri khas tersendiri dimana semangat “penerobosan” ini dimulai dari pemilihan venue yang mengambil diluar kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), atau tepatnya di atrium dan hall lantai 2 Hartono Mall Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Ini adalah yang pertama kali dimana hajatan UMS Otocontest melawan tradisinya yang selalu memakai venue GOR UMS.


“Kali ini kita mencoba untuk lebih dekat ke masyarakat, karena misi kami juga event ini tak hanya identik dengan hura-hura, karena sebagai kalangan akademis sebuah tanggung jawab edukasi kepada masyarakat umum harus kami bawa,” jelas Wahid Arief Al Hakim selaku ketua panitia event yang di prakarsai oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) UMS ini. Sebagai event kontes modifikasi yang lahir sejaktahun 2002, menginjak tahun ke 15-nya tentunya harus membawa contoh yang baik terhadap panitia penyelenggara lainnya dimana UMS Otocontest 2017 berani membuka kelas-kelas modifikasi yang lengkap dan sekali lagi “menerobos” tradisi jika biasanya event kontes modifikasi hanya membuka kelas-kelas favorit yang banyak pesertanya saja.


Ada 12 kelas dalam gelaran UMS Otocontest 2017 ini, yakni Custom Modify, Retro/Classic Under 90’s Modify, Retro Advance, Retro Kustom Open, Racing Style Open, Street Racing Open, Racing Mothai/Thailook Style, Pure Mothai/Thailook Style, Fashion Daily, Sticker/Decal, Airbrush Open, dan Extreme/Free For All. Tak hanya itu saja, kontes modifikasi yang akan digelar Sabtu-Minggu, 18-19 November 2017 nanti ini juga masih sediakan 60 Trophy di kategori The Best. “Kalopiala the best yang demikian banyak ini tradisi UMS Otocontest sejak tahun 2015 yang tujuannya untuk lebih mengapresiasi setiap detail dari modifikasi motor kontestan,” seru Yoga Saputro selaku ketua KMTM UMS.

Aksi Wawan Junx Bakwan

Semangat #BREAKTHROUGH selanjutnya adalah misi Road to Reborn The Heroes yang menjadi tema utama UMS Otocontest 2017. Road to Reborn The Heroes adalah upaya dari UMS Otocontest untuk melahirkan tokoh-tokoh yang menjadi “pahlawan” dalam konteks industry kreatif automotive sejak gelaran pertama UMS Otocontestini. The Heroes ini banyak yang lama menghilang, dan di UMS Otocontest 2017 mereka akan dilahirkan kembali agar kembali mengispirasi karya-karya modifikasi motor Indonesia untuk lebih kreatif lagi.


“Disini kami mengupayakan untuk menghadirkan kembali pahlawan-pahlawan modifikasi itu mulai dari kalangan air brusher maupun builder, karena dari jasa mereka inilah muncul karya-karya modifikasi yang selalu menginspirasi peserta-peserta UMS Otocontest dari tahun ketahun hingga UMS Otocontest bias eksis hingga saat ini,” terang Danar D. Raharjo penggagas pertama kali UMS Otocontest dan juga selaku advisor UMS Otocontest 2017 ini. “Mereka nanti akan kami daulat sebagai juri di kategori The Best Road to Reborn The Heroes dengan system point voting, jadi motor yang mendapat vote terbanyak dariThe Heroes akan mendapatkan trophy khusus,” lanjutnya.


All segmen & all genre juga menjadi spirit #BREAKTHROUGH dimana kelas-kelas kontes modifikasi tadi bias mewadahi semua segmen dan semua genre modifikasi. Untuk itu dalam gelaran tahun ini UMS Otocontest mengkomposisikan tim juri-nya tak hanya dari satu media massa automotive nasional saja, namun juga akan ada juri-juri dari jurnalis berbagai macam media massa automotive nasional sesuai dengan segmen & genre mereka. “Sesuai dengan kompetensi mereka dalam hal modifikasi motor, para jurnalis ini memiliki spesialisasi yang berbeda pula, untuk itu mulai tahun 2017 ini kami sengaja mix mereka agar UMS Otocontest tak hanya menghasilkan juara saja namun juga bias mengedukasi semua peserta,” tutur Danar.

Selain kontes modifikasi motor, UMS Otocontest 2017 juga bakal dimeriahkan berbagai macam konten event seperti, Talented Drummer Hunt atau kompetisi pemain drum, kemudian Solo Vocal, band perform, DJ, custom paint perform, motorcycle apparel, talkshow dari jurnalis-jurnalis automotive nasional, dan termasuk juga konten kustom culture khas Solo yang tersaji di atrium Hartono Mall. Untuk konten event yang berada di atrium Hartono Mall sendiri sudah akan dimulai di hari Kamis, 16 November 2017, sedangkan untuk puncaknya adalah kontes motor tadi di hari Sabtu & Minggu-nya. “Untuk kontes motor kami letakan di area hall indoor lantai 2 atau bekas Crown lama agar kami bias menampung motor-motor peserta dalam jumlah banyak, karena tahun lalu UMS Otocontest diserbu 215 motor kontes, untuk tahun ini mengingat tempat sangat terbatas terpaksa kami hanya sediakan 180 slot motor kontes saja di dalam venue,” tutup Wahid Arief Al Hakim.

 

Tentang UMS Otocontest
UMS Otocontest adalah event tahunan yang diprakarsai oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta (KMTM-UMS). Event ini pertama kali digelar di tahun 2002 dengan nama event yang masih memakai “gaya lama” yakni Lomba Modifikasi Motor Keren. UMS Otocontest juga merupakan event kontes modifikasi motor pertama kali di Jateng & DIY yang disupport&dijuri oleh jurnalis media massa automotive nasional. Selama gelaran UMS Otocontest rekor peserta terbanyak terjadi di tahun 2003 dengan jumlah peserta atau kontestan sejumlah 311 motor.

Tentang Drum Talent Competition
Sebuah kompetisi pemain drum yang menjadi sub event yang masuk dalam rangkaian event UMS Otocontest. Dalam kompetisi ini terbagi dalam dua kategori yakni Junior usia dibawah 14 tahun dan Senior usia diatas 14 tahun.

 

tentang Solo Vocal Competition
Sebuah kompetisi solo vocal yang menjadi sub event yang masuk dalam rangkaian event UMS Otocontest. Dalam kompetisi ini hanya melombakan kategori usia diatas 17 tahun.

 

Tentang KMTM-UMS
Sebuah organisasi atau himpunan kemahasiswaan dari Fakultas Teknik Jurusan Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta. Himpunan kemahasiswaan yang bernama Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) ini sudah berdiri sejak Jurusan Mesin di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta ini berdiri. (Penulis: DNR/Foto: Dok. UMS).

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Wahid Arief Al Hakim
UMS Otocontest 2017
KMTM – UMS
Kampus 2 Gd. F
Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura
Phone:
0813-2691-5140
Email:
kmtmumsotocontest@gmail.com
Humas:
Dian AnggaPrakoso
Phone:
0852 9019 8625
Email:
Anggaprakoso.1602@gmail.com
PendaftaranKontes Motor:
Muhammad Ridwan
Phone:
0812 4943 9856
Email:
Muhridwan147@gmail.com

Pendaftaran Drum Talent :
IrfanAgungPrasetyo
Phone:
0877 3636 8371
Email:
Irfan.agung97@gmail.com
Pendaftaran Solo Vocal: Competition:
Dessy Ade Pratiwi
Phone:
0857 3162 2616
Email: dessyadepratiwi@gmail.com
Event Advisor:
Danar D. Raharjo
Phone:
0878 3552 2333
Email:
d417ar@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »