Latber Dan Fun Race Dilarang Digelar Di Jawa Tengah

Ramainya kegiatan fun race dan kegiatan latihan bersama (latber) yang telah ada saat ini di wilayah Jawa Tengah, mulai bulan maret akan dihentikan. Atau dengan kata lain sudah dilarang pelaksanaanya oleh pihak Pengda IMI Jawa Tengah.


Hal ini didasarkan pada hasil rapat koordinasi Bidang Olaraga IMI Jateng hari jumat (16/2) dikantor IMI Jateng jalan Komplek Graha IMI Jateng, Ngresep, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.


Salah satu poin yang dihailkan dirapat koordinasi tersebut adalah adanya larangan untuk menggelar kegiatan latber ataupun fun race seperti yang sudah ada seperti saat ini.


Akan tetapi, kegiatan latber dan fun race boleh digelar atau dilaksanakan bila diselenggarkan seperti even biasa. Yaitu segala kegiatan olara bermotor harus melalui proses pengajuan even dan harus dengan menggunakan juri dan pimpinan lomba berlisensi. Baru kemudian akan dikeluarkan Rekomendasi (Rekom) Pelaksanaan dari IMI Jateng.


“Ya memang hal itulah yang dihasilkan dalam rapat koordinasi kemarin. Dan itu harus ditaati oleh para penyelenggara keiatan latber dan fun race. Untuk edaran dalam waktu dekat akan segera kami edarkan,” kata Rini Subekti selaku anggota Biro Balap Motor yang ikut dalam rapat kemarin.


Dengan demikin, berarti bila promotor, club atupun komunitas yang akan mengadakan kegiatan latber atupun fun race, harus menurut prosedur yang telah ditentukan tersebut. Seihingga akan berefek pada naiknya biaya pendaftaran bila seorang pembalap kalau ingin mengikuti sebau even latber atupun fun race.


Semoga dengan adanya aturan yang baru ini, para penyelenggara latber dan fun race yang sudah ada saat ini tidak merasa keberatan. Dan tujuan awal demi pembibitan pembalap usia dini dan menurangi balap liar yang terbukti efektif tertap bisa berjalan. (Penulis/Foto: Riy@n).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »