GSX Community Chapter Kuningan Baksos 8 Desa Di Kuningan

Bencana alam berupa pergeseran tanah atau tanah longsor dan banjir melanda delapan desa yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Kuningan. Terdapat beberapa lokasi yang terkena bencana alam yang lumayan para.

Desa-desa yang terkena bencana tersebut adalah desa Sukamulya di kecamatan Cibingbin, desa Cipari kecamatan Karangkancana, desa Pinara kecamatan Ciniru, desa Sumber Jaya di kecamatan Ciwaru, desa Patalangan kecamatan Pancalang, desa Cimulya terletak di kecamatan Cimahi, desa Padamulya di kecamatan Maleber, dan juga desa Cinagara kecamatan Lebakwangi.

melihat keadan sperti itu, dan juga rasa kepedulian yang tinggi, maka GSX Community Chapter Kuningan, memutuskan untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial ke dusun Cipari, kecamatan Karangkancana, mengingat bahwa masih minimnya bantuan dari masyarakat kabupaten Kuningan, dan dirasa cukup banyak masyarakat kabupaten Kuningan yang memberi bantuan dan donasi korban bencana alam ke lokasi bencana lainnya.

Adapun acara kegiatan bakti sosialnya dengan mengunjungi korban bencana alam dan memberikan bahan-bahan pokok dan pakaian layak pakai, serta melakukan dokumentasi pada saat penyerahan bantuan tersebut pada posko pengungsian korban bencana dari dusun Cipari, kecamatan Karangkancana yang mengungsi ke desa Kaduagung, kecamatan Karangkancana.

Untuk susunan kepanitiaan : (Penasehat – Yudi Padmagunarsa), (Penanggung Jawab – Andi Remang), (Ketua – M. Hildan Dwi Fauzian), (Wakil Ketua – Fajar Sandika), (Sekretaris – Rizal Sya’bana), (Bendahara – Agung Seffa), (Seksi Acara – Levi Nurdiansyah, Asep, Firman), (Seksi Humas, Publikasi & Dokumentasi – Juan Haska Perdika, Aan, Mamat,). Untuk anggota berjumlah 60 termasuk yang merantau.

Titik kumpul pertama dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Februari 2018 pada acara Car Free Day Kuningan, pengumpulan dana sumbangan kepada masyarakat yang terdapat pada kegiatan CFD. Kedua yaitu pada hari Kamis, 28 Februari 2018 pengumpulan dana sumbangan melalui proposal permohonan dana, dan hasilnya cukup banyak dana yang terkumpul,yakni mencapai Rp 2.530.000. Adapun sedikit uraiannya yaitu dari donasi masyarakat pada acara CFD sebesar Rp 580.000, dari berbagai Sponsor atau hamba allah Rp 2.050.000, dan di luar itu para anggota komunitas sebagian menyumbangkan harta bendanya. Namun sangat disayangkan PT Indosarana Motor Kuningan selaku Dealer Resmi Suzuki Kuningan, ENGGAN untuk berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial yang kami lakukan.

 

Acara yang berlangsung selama 6 jam ini dimulai pukul 10.00 WIB. Pertama, melakukan kunjungan ke BPDB Kab. Kuningan untuk menanyakan informasi lokasi korban mencana alam yang akan dituju, lalu pukul 10.30 WIB berbelanja barang-barang dan mengumpulkan baju layak pakai yang akan disumbangkan. Pukul 14.00 WIB melakukan persiapan, berkumpul, dan terakhir berangkat ke desa Kaduagung kecamatan Karangkancana.

 

“Kami berangkat menggunakan 1 mobil dan 3 motor. Di tengah-tengah perjalanan pun turun hujan yang cukup lebat, namun kami tetap melanjutkan perjalanan, halangan demi rintangan tetap kita lalui, dan akhirnya pukul 16.00 WIB sampai ke tempat tujuan.Tercatat ada 612 jiwa yang mengungsi. Sebanyak 200 jiwa mengungsi di posko Desa Kaduagung dan 412 jiwa menyebar di rumah sanak saudara” kata Wildan Dwi F selaku ketua kegiatan.

 

Wildan menambahkan, bahwa di posko, kami disambut baik oleh pihak panitia penanggulangan bencana dan melakukan sesi foto bareng seluruh anggota komunitas. Setelah kegiatan kunjungan tersebut selesai, kamipun beranjak pulang dan makan bersama para anggota komunitas sekitar pukul 16.30 WIB, dan sampai ketempat asal kami pada pukul 17.45 WIB. (Penulis/Foto: S4Tri4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »