Jelang Satu Dekade Honda Bikers Day, Astra Motor Bekali Bikers Yogyakarta dengan Ketrampilan Hadapi Kondisi Darurat

Yogyakarta – Jelang pelaksanaan satu dekade Honda Bikers Day, Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas menggelar pelatihan bertajuk “#Cari_Aman Gas ke Honda Bikers Day 2018”. Melibatkan puluhan anggota komunitas motor Honda yang berasal dari belasan komunitas motor Honda di Yogyakarta, pelatihan ini dilaksanakan di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (10/11).


Safety Riding & Community Development Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengungkapkan bahwa bikers yang akan melakukan perjalanan menuju lapangan Ketapang Doyong, Pangandaran tempat Honda Bikers Day 2018 dihelat akan menempuh jarak yang cukup panjang, menguras kekuatan fisik, dan bersinggungan dengan berbagai resiko di jalan raya. Oleh karenanya perlu beberapa persiapan untuk meningkatkan tingkat keamanan di jalan raya.


“Melalui kegiatan ini Kami ingin memberikan bekal berupa pengetahuan dan sedikit ketrampilan bagi bikers yang akan berangkat menuju lokasi Honda Bikers Day 2018. Harapannya seluruh bikers yang melakukan perjalanan bisa mencapat tujuan dengan selamat dan menjaga keamanan bagi diri sendiri atau orang lain yang ada di sekitarnya.”

Pada kegiatan ini tim Safety Riding Astra Motor yang diwakili oleh Triyanto sebagai instruktur berbagi informasi mengenai tips-tips berkendara dalam rombongan, pembagian peran antar anggota rombongan, dan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan sebelum menempuh perjalanan lintas kota.

Membekali bikers menghadapi kondisi yang lebih buruk dimana telah terjadi kecelakaan lalu lintas baik yang melibatkan peserta Honda Bikers Day ataupun pengguna jalan lain, dalam kegiatan ini Astra Motor Yogyakarta berkolaborasi dengan tim Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Yogyakarta memberikan pembekalan dengan materi Basic Life Support. Hal ini cukup esensial bagi bikers mengingat adanya penangan yang salah dapat memperburuk kondisi korban dan meningkatkan resiko kematian.

Dalam penyampaian materi, peserta diajak untuk mengenal beberapa cara penanganan korban kecelakaan lalu lintas dalam kondisi darurat dimana di tempat kejadiaan tidak ada tim medis terlatih yang telah memenuhi kualifikasi. Beberapa ketrampilan dasar yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain adalah mendeteksi dampak kecelakaan lalu lintas pada korban, cara mengembalikan tingkat kesadaran, penanganan darurat pada cidera patah tulang, hingga cara menghentikan pendarahan dalam kondisi darurat.

Pelatihan “#Cari_Aman Gas ke Honda Bikers Day 2018” di Yogyakarta ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan nasional yang dilaksanakan di 28 kota besar di Indonesia pada periode Oktober hingga awal November 2018. Kegiatan ini menjadi implementasi dari semangat Honda dalam memberikan nilai lebih pada komunitasnya serta memberikan bekal bagi bikers yang akan berangkat ke Honda Bikers Day 2018. (Penulis: D14N/Foto: Astra Motor Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »