JHE#7 Sebagai Ajang Silahturahmi Pecinta Trail Nasional

GUNUNG KIDUL-Sukses mewarnai gelaran Jogja Hard Enduro 7 (JHE#7) pada hari sabtu dan minggu (15-16/6) siang tadi. Even aggenda tahunan IOF Pengda DIY ini diikuti sekitar 4.850-an peserta dari seluruh nusantara.

JHE#7 yang mengambil star dan finis di Lanud Gading, Wonosari, Gunung Kidul, Jogjakarta ini dibagi menjadi 2 kategori. Kategori pertama adalah kategori privat yang digelar pada hari sabtu (15/6) diikuti sekitar 350 peserta dengan menempuh jarak 65 kilo meter. Sedangkan di hari minggu (16/6) 4.500 peserta mengikuti kategori reguler dengan jarak 45 kilo meter.

“Even JHE#7 ini memang sebagai even tahunan dari kami, yang memang sebagai ajang mempromosikan wisata yang ada di wilauah Gunung Kidul, dan sebagai ajang silahturahmi antar pecinta trail dari seluruh nusantara. Mengingat bulan ini adalah bulan syawal, dimana kita sekaligus bisa syawalan bersama dieven ini,” ujar Mujiana selaku ketua IOF 2X1 Pengda DIY.

Memng benar apa yang diungkapkan oleh Mujiana tersebut, sebeb JHE#7 kali ini mengambil jalur di wilayah Gunung Kidul sisi utara. Dimana ditempat ini ada obyek wisata seperti Goa Pindul, bukit purba Langgeran, Embung Sriniten dan berbaai obyek wisata yang lainnhya.

Hal yang hampir sama juga dikatakan oleh ketua IMI DIY Eka Sulistiana. Eka yang ditemui garassi.com disele-sela acara JHE#7 mengatakan, bahwa JHE#7 ini memang acara yang sangat luar biasa. Selain menjual wisata daerah, kuliner daerah, kesenian daerah, juga even ini mampu meningkatkan ekonomi daerah.

“Tentunya ekonomi daerah sekitar juga ikut terangkat. Hal ini dibuktikan dengan penuhnya hotel-hotel dan penginapan, ramainya warung-warung dan rumah makan, dan yang lainnya. Yang jelas even ini sangat istimewa,” kata Eka dengan nada tegasnya.

Ditempat yang sama, Dewata Eka Putra selaku ketua IOF Pengda DIY mengungkapkan, bahwa JHE memang dari tahun ketahun selalu digelar secara bergantian dari kabupaten ke kabupaten yang ada di DIY. Dengan sasaran utama mengenalkan dan mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada di DIY.

“Setiap even JHE seperti ini, kami memang selalu bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY. Dan kebetulan untuk JHE#7 ini kita gelar di wilayah Gunung Kidul. Hari ini para peserta yang ikut juga akan mengeksplor indahnya wisata alam di Gunung Kidul ini,” ungkap pria ramah ini. (Penulis/Foto: Riy@n).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »