Honda CB 450 Tahun (1968) Semarang, Penghobi Japs Style

JOGJA-Dimas Harnianto yang tinggal di wilayah Pudak Payung, Semarang, Jawa Tengah ini adalah salah satu penggemar modif aliran japs style yang ada di tanah air ini. Namun Dimas memiliki selera yang tinggi soal ini. Sebab Dimas merelakan motor Honda CB 450cc keluaran tahun 1968 miliknya untuk dimodif sesuai keinginannya.


“Memang modif jamps style adalah modif yang sangat saya suka. Terlebih japs style yang kokoh, garang dan kuat. Sebab motor-motor japs style selalu memamerkan kekuatan sasisnya juga kaki-kakinya. Sehingga sangat terlihat kekuatanya yang tiada tanding. Kebetulan saya memiliki motor Honda CB 450cc yang jarang saya pakai lagi. Kemudian terlintas keinginan untuk membikinnya menjadi japs style. Dan akhirnya terwujud seperti keinginan saat ini,” ungkap dimas sambil menunjuk motor.


Kaki-kaki adalah bagian terpenting dalam memodifikasi motor. Sebab keseimbangan dan kekuatanya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat dipakai riding. Maka dari itu, Rifai sang bulder dari rumah modifikasi N-Joy 76 Extreme Custom Jogjakarta yang mengerjakan motor ini tahu betul akan hal ini. Unsur keseimbangan antara body dengan kaki-kaki juga sudah diperhitungkan. Makanya sock depan dipasang yang ukuranya sedikit besar milik Yamaha Byson. Sedangkan sock belakang adalah milik Honda Tiger. Dan swing arm dimotor ini adalah swing arm custom dari N-Joy 76 sendiri.

Frame atau sasis dimotor ini telah dipensiunkan. Sebab ukuranya terlalu besar dan berat. Makanya oleh rifai, frame dibikin ulang dan bentuknya diserupakan dengan frame azslinya. Hanya saja bahan frame sedikit lebih kecil dan panjang frame lebih pendek dari frame aslinya.


“Memang frame aslinya sangat kuat. Hanya saja ukuranya sedikit agak besar dan berat. Makanya disini saya mengcustom framenya. Framenya saya bikin sedikit lebih kecil, lebih ringan dan sedikit lebih pendek,” terang Rifai dengan logat jawanya yang medok.


Seperti juga frame yang dicustom secara total oleh Rifai, maka seluruh body dimotor ini juga dicustom total. Seperti tangki, spakboard depan dan belakang, tutup aki kiri dan kanan, juga hasil karya customan Rifai. Dengan bahan plat galavanis 1,5 mili meter, semuanya dapat diselesaikan dengan sempurna oleh rifai dalam waktu dua bulan.


Sesuai dengan keinginan Dimas Harnianto sipemilik motor yang menginginkan modif japs style abis, maka Rifai memasang ban depan dan belakang dengan ukuran yang sama. Ban merek Swallow ukuran 400inc dengan ring 18inc. tujuanya adalah selain demi tampilan, juga motor terlihat lebih kokoh dan kuat.

DATA MODIFIKASI:
Sock Depan : Byson
Sock Belakang : Tiger
Swing Arm : Custom
Frame/Sasis : Custom


Veleg Dpn./Blk. : Champ 2,50 & 3,00
Ban Dpn./Blk. : Swallow 400-18
Master Kaliper Dpn. : Tiger
Setang/Segi Tiga : Ninja
Lampu Dpn./Blk. : Variasi


Knalpot : Custom
Mesin : Standar
Biaya Modif : –
Pengerjaan : 2 Bulan
Modirikator : N-Joy 76 Extreme Custom
Alamat : Jl. Kaliurang KM.5,6 (Dpn. SMPN V Depok)
Catur Tunggal Sleman Jogjakarta
HP/WA. : 081-733-7443

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »