Ribuan Jip Bakal Banjiri Merapi 14 Oktober Mendatang

JOGJA-Memang disetiap harinya kawasan wisata Kaliurang dan Kinahrejo atau kawasan lereng Merapi sisi selatan ini ramai dengan hiruk pikuk aktivitas jip wisata dan lava tour merapi. Bahkan, pulukan komunitas serta pelaku usaha wisata jip ada diwilayah obyek wisata dingin ini.


Namun di hari senin (14/10) besok keadaanya bakal berbeda. Dimana ribuan jep dari berbagai kota dari wilayah Jogjakarta dan Jawa Tengah bakal menyerbu kawasan wisata kebanggan masyarakat Sleman ini.

Yups! Acara Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi (KRSJMM) yang pertama kali diadakan oleh Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) bakal digelar dari pagi sampai siang. Acara yang didukung sepenuhnya oleh Pemda Sleman, Dinas pariwisata Kabupaten Sleman dan IOF Pengda DIY ini bakal mengambil star dari lapangan Boyong, kemudian menuju Bunker Merapi, dan kembali finis di lapangan Boyong.

Dengan kemasan konsep wisata dan budaya, KRSJMM akan menyajikan banyak menu kuliner lokal khas lereng merapi, seni budaya lokal sleman seperti prajurit bergodo kaliadem, aneka tarian dan diakhiri kenduri raya yang dipimpin oleh bapak modin Kaliadem.

“Selain itu kita juaga mengadakan acara pelepasan burung seperti burung merpati, burung kutilang, pleci, trotokan dan yang lainnya. Hal ini unuk mendukung pelestarian satwa dan lingkungan. Namun sebelumnya para peserta akan melakukan konvoi merayap jip dari lapangan Boyong menuju bunder dan balik ke lapang boyong kembali,” ugkap Dardiri selaku ketua panitia KRSJMM.

Dardiri menambahkan, bahwa untuk saat ini ada sekitar 29 komunitas jip wisata yang tergabung dalam AJWLM, dengan total anggorta keseluruhan sekitar 887 orang. “Bahkan untuk peserta KRSJMM besok, sampai saat ini sudah terdaftar sekitar 1.106 peserta yang akan berpartisipasi. Ini saja baru jip-jip yang berasal dari wilayah Jogjakarta, dan belum termasuk yang dari luar kota,” tambah Dardiri.

Untuk menabah semarak acara KSJMM, pihak panita telah menyiapkan banyak acara tambahan seperti peampilan hiburan dangdut dari Moko production dengan bintang tamu Xena Xenita dan Abah Lala. Serta dipandu oleh MC Aldo Iwak Kebo, yang juga siap membagikan banyak doorprize buat para pengunjung acara. (Penulis/Foto: SKM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »