3 Pebalap Astra Honda Lolos Seleksi Asia Talent Cup 2020

JAKARTA–Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali akan meramaikan persaingan di ajang Asia Talent Cup musim tahun depan. Tiga pebalap belia lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) lolos seleksi yang diadakan Dorna sebagai penyelenggara, Rabu (30/11/2019), di Sepang International Circuit, Malaysia.


Pebalap binaan Astra Honda yang akan berlaga tersebut adalah Azryan Dheyo Wahyumaniadi (14), Herlian Dandi (12), dan Fadillah Arbi Aditama (14). Mereka bersaing dengan hampir 90 pebalap dari berbagai negara Asia, hingga mampu tembus 12 besar pebalap yang akan mengisi grid tahun depan. Dorna juga menyiapkan lima pebalap cadangan untuk dipertimbangankan.


Seleksi dipantau langsung Alberto Puig, mantan pebalap GP spesialis pencari bakat-bakat balap terpendam dari berbagai belahan dunia. Seleksi dibagi menjadi beberapa tahap. Sekitar 90 peserta seleksi dibagi menjadi enam grup untuk pencarian 30 besar yang mampu melaju paling cepat dalam beberapa putaran.


Fase selanjutnya, dari 30 besar, diseleksi kembali menjadi 20 terbaik. Selanjutnya, diambil 12 besar dan 5 pebalap cadangan untuk mengisi slot tahun depan. Dheyo, Arbi, dan Dandi, mampu menunjukkan kemampuan terbaik di setiap fase tes dan dianggap layak bersaing tahun depan.

Dheyo, pebalap kelahiran Batam, punya catatan positif di dunia balap. Dia besar di arena motocross dengan menjadi juara nasional kelas 50 cc (2013) dan kelas 65 cc Novice (2015). Pada 2018, dirinya bergabung dengan AHRS dan menunjukkan kemampuan di atas rata-rata. Tahun ini, Dheyo digembleng di Thailand Talent Cup dan memenangi beberapa seri, dan bertengger di posisi keempat klasemen.

Dandi, pebalap 12 tahun asal Tangerang, Banten, juga merupakan lulusan AHRS tahun 2018. Kemampuan menonjolnya membawa Dandi ke ajang Thailand Talent Cup tahun ini. Dia pun mampu bersaing di papan atas dan beberapa kali meraih podium. Klasemen sementara, Dandi berada di posisi kedua, menyisakan 2 seri, dan berpeluang besar juara.

Sementara itu, Arbi juga menjadi salah satu siswa terbaik AHRS sejak 2017. Ia telah belajar banyak membalap dengan Honda CBR150R, CBR250RR, hingga Honda NSF100 tahun ini. ATC 2019 menjadi ajang internasional pertamanya.

Lolosnya tiga pebalap binaan di ajang ATC 2020 melanjutkan tradisi PT Astra Honda Motor (AHM) menghasilkan pebalap berbakat sejak 2014. Tahun ini, salah satu pebalap binaan yang ikut ajang ini, berpeluang meraih gelar juara, yakni Afridza Munandar. Masih tersisa dua balapan lagi dan Afridza akan bersaing dengan dua pebalap Jepang.

Deputy General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengapresiasi prestasi membanggakan para pebalap belia binaan perusahaan. Lolosnya tiga pebalap di ATC 2020 akan menjadi tolok ukur selanjutnya bagi pebalap dan perusahaan untuk melangkah ke jenjang lebih tinggi.

”Selamat untuk Dheyo, Dandi, dan Arbi. Dengan kerja keras dan segala dukungan, mereka bertiga berhasil menginspirasi pebalap muda lainnya untuk berprestasi dan membawa nama Indonesia ke kancah lebih tinggi. Kami akan terus mencari dan membina bakat-bakat balap dari Tanah Air untuk meraih prestasi dengan membanggakan Negeri,” ujar Andy. (Penulis: SaF1tri/Foto: AHM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »