M. Harjanto Budayawan Otomotif

Nama M. Harjanto atau juga yang dikenal dengan Ki Lurah Off Road sudah tidak asing lagi bagi dunia off road ditanag air ini. Salah satu tokoh yang berperan penting dalam berdirinya IOF 4X4 dan IOF 2X1 di tanah air ini, begitu aktif di hampir semua kegiatan olahraga yang lebih mengutamakan skill dan adrenalin ini.


Pria ramah yang juga dikenal dengan The Jungle Of Man ini, selain piawai menahlukkan medan yang benar-benar ekstrim, juga sangat handal dalam membangun sebuah kendaraan buat mengikuti sebuah ajang kompetisi. Dan selain itu, pria yang lebih akrab disapa dengan harjanto ini, terkenal jagoan dalam merestorasi mobil-mobil antik.


Terlepas dari dunia off road yang telah membesarkan namanya, rupanya harjanto juga seorang seniman dan budayawan. Haranto mencoba mengkolaborasikan kegiatan otomotif dengan seni budaya yang dia kuasai.
Seni tarik suara atau menyanyi harjanto kuasai dengan sangat bagus. Bahkan harjanto mampu menguasai lebih dari 500-an lagu. Bermain musik seperti orgen, gitar dan musik gamelan jawa juga dikuasai oleh pemilik bengkel Dobel Gardan Purworejo ini.


“Memang dari kecil saya sangat cinta akan dunia seni budaya. Hingga saat ini, seni sudah menjadi bagian dari hidup saya. Seni dan off road adalah dua hal yang tidak bisa lepas dari diri saya. Sebab keduanya adalah sesuatu yang sangat berpengaruh dalam kehidupan saya,” kata harjanto pada garassi.com dikediamanya beberapa waktu yang lalu.


Kerjasama dalam sebuah tim di off road dan kecepatan berpikir untuk mengatasi sebuah rintangan ataupun masalah didunia off road, diterapkan janto dalam mengatasi semua pekerjaan yang harjanto kerjakan. Dengan profesional semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Sehingga konsumen merasa puas dengan apa yang didapat.

Harjanto dan Mardi Song

Sedangkan jiwa seni budaya yang sudah tertanam sejak masih kecil, diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. “Off road dan seni budaya bisa kita gunakan buat bergaul dimasyarakat sehari-hari dan juga buat mencari teman. Profesional dalam bekerja adalah sebuah kewajiban. Sedangkan dalam sosial kemasyarakatan, keikhlasan, pengabdian dan persaudaraan lebih diutamakan,” tambah harjanto.


Jangan heran bila berkunjung kerumah harjanto yang terletak di kawasan Kaliboto Purworejo Jawa Tengah. Nuansa seni lebih mendominasi hunian sejuk tersebut. Banyak tanaman bonsai dari berbagai jenis tanaman yang merupakan juga karya harjanto. Selain peralatan musik, lukisan, sepeda kuno, mobil-mobil antik, patung dan benda-benda seni lainnya, serta burung-burung ocehan, banyak terdapat diseputaran rumahnya.
Eits! Nggak perlu heran jika dalam sebuah even off road ataupun even adventure dan juga acara-acara lain, menemukan harjanto sedang bernyanyi. Sebab memang hal itulah sebagian kepiawaianya dalam mengolah suara.
Pribahasa buah yang jatuh tidak jauh dari pohonya, memang pas dialamatkan pada harjanto. Sebab jiwa seni dan budaya yang harjanto miliki, dan juga kepiawaianya dalam dunia off road, telah menurun kepada tiga putranya yang kini sudah beranjak dewasa. Waah…sip nih! (Penulis/Foto: Riy@n).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »