Yamaha Champ Trend Ayam Jago Tahun 90’an

Di awal tahun 1990-an, Yamaha memperkenalkan motor Yamaha Champ. Motor yang akhirnya dikenal dengan model ayam jago alias “Ayago” ini, menjadi motor yang sangat trend dikalangan anak muda saat itu.


Walau sesungguhnya, motor ini dirilis dipasaran oleh Yamaha pada akhir tahun 1989, namun langsung meledak dipasaran pada awal tahun 90’an. Motor yang sudah mulai mengusung sock model sockbreaker teleskopik dan sistim pengereman model disc brake ini menjadi model pilihan yang sangat digandrungi anak muda.


Tapi sayang, walau motor ayam jago 2 stroke ini laris manis dipasaran, motor yang mengusung basis mesin Yamaha Alfa ini, dihentikan produksinya oleh Yamaha pada akhir tahu 1994.


Setelah 23 tahun berlalu, dan para pecinta motor 2 tak atau istilahnya “Two Stroke Lovers” mulai membangkitkan semua jenis motor 2 tak, motor yang harga barunya dahulu sekitar 5 jutaan, kini banyak diburu para pecinta 2 tak tersebut.


Untuk saat ini, satu unit Yamaha Champ yang sudah direstorasi atau dimodif baru seperti aslinya saat motor keluar dulu, dihargai sekitar 13 juta hingga 20 juta-an.


Hal ini diungkapkan oleh Dimas Chris dari D’CHRIZ Jawa Motor Sport Jogjakarta. Dimas yang memiliki lebih dari 7 unit motor ini, banyak merstorasi motor-motor 2 tak bebek ataupun sport. Termasuk salah satunya adalah motor Yamaha Champ ini.


“Memang disini kita banyak merestorasi motor-motor 2 tak. Baik bebek ataupun sport. Dan salah satunya adalah motor Yamaha Champ ini. Untuk harga motor ini yang sudah direstorasi, harganya sangat bervariasi. Mulai dari 13 juta-an hingga 20 juta-an,” buka Dimas pada garassi.com.


Menurut Dimas, untuk merestorasi motor, pihaknya selalu memakai part-part dan variasi yang asli yang dikeluarkan oleh pihak yamaha. Sebab dibengkelnya juga men jual part dan variasi motor-motor tersebut.


“Jadi kita tak hanya memodif motor saja. Melainkan juga menjual part-part dan variasi motor ini. Termasuk juga part milik motor 2 tak lainnya,” tambah Dimas.


Masih menurut Dimas, selain memodifikasi dan menjual part plus variasinya, bengkelnya juga mendandani mesin motorn yang direstorasi. “Selain fisik motornya yang memang sudah bagus, kami juga membikin motornya sehat dimesin. Atau mesin dibikin standar aslinya,” tutup pria asli Jambi ini.


Memang saat garassi.com melakukan pemotretan, ada sekitar 7 unit motor Yamaha Champ yang sudah selesai direstorasi. Namun ada bberapa unit yang telah dibeli konsumen, namun belum diambil oleh pemiliknya.


Naaah! Penasarankan? Sambangi saja bengkel D’CHRIZ Java Motor Sport Jogjakarta, jalan Jambu Sari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Jogjakarta. Atau bisa hubungi nomer HP/WA Dimas di 0812-3886-8660 atau 0822-9979-2121. Monggo! (Penulis/Foto: Riy@n).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »