Kustom Xperience, Punya Misi Riding Eksplor Indonesia Timur Dengan Motor Kustom

Turing lintas kota atau pulau biasanya menggunakan sepeda motor yang standar agar tetap nyaman saat melewati berbagai medan jalanan.

Dari sinilah muncul ide untuk mencoba turing ke negeri timur Indonesia dengan menggunakan motor custom hingga ratusan kilometer.

Mengusung nama ‘Kustom Xperience-Xplore Flores’, 5 orang pecinta modifikasi yakni Ari, Uchil, Wawa, Molly dan Bangkit menjajal motor mereka untuk riding di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Perjalanan yang yang dimulai sejak 20 Juli hingga 2 Agustus 2018 lalu ini, menempuh jarak sekitar 1767 km selama 7 hari via darat dan laut.

Selain membawa misi untuk eksplore keindahan, wisata dan juga budaya di Flores, kelima rider ini juga mengunjungi SD Watu Benta, Rahong, Maggarai Flores, untuk sekedar memberikan bantuan berupa seragam sekolah dan juga alat tulis.

“Misi kita selain riding dengan motor custom adalah ingin berbagi dengan para masyarakat di pedalaman. Kali ini kita coba membawa logistik berupa pakaian seragam SD dan juga alat tulis,” ujar Aripianto salah satu penggagas Kustom Xperience.

Jalur yang dilalui: Labuan Bajo – Ruteng – Rahong – Ds. Dengge – Waerebo – Satar Mese – Bajawa (via jalur selatan) – Ende – Danau Kelimutu – Maumere – Ende – Bajawa – Ruteng – Labuan Bajo.

Sepanjang perjalanan, selain untuk eksplore budaya di Flores, turing ini juga sebagai pembuktian bahwasannya motor modifikasi juga aman dan layak digunakan untuk turing.

“Selain eksplore budaya dan wisata, kita juga coba buktikan bahwa motor yang di modifikasi bisa dan layak jalan jauh. Ini terbukti dengan minimnya trouble yang kita alami,” tambah Uchil yang juga salah satu penggagas perjalanan ini.

Hampir di semua desa tim ‘Kustom Xperience’ disambut baik oleh warga setempat dengan cara yang cukup unik, yakni diwajibkan untuk meminum minuman khas daerah dan menerima rokok sebagai tanda diterimanya rombongan kami.

Beberapa lokasi wisata yang dikunjungi yakni, Desa Waerebo, Danau Kelimutu dan Rumah Pengasingan Bung Karno.

“Ini juga salah satu impian kami untuk bisa menjelajah negeri timur Indonesia hingga sejauh ini,” tambah Uchil lagi.

Untuk menambah serunya perjalanan ‘Kustom Xperience’, tahun depan sudah dijadwalkan untuk melintas ke pulau Sulawesi. Terus ber Xperience dan terus Xplore Indonesia ya bro! (Foto/Penulis: Riy@n).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »