Program Bapak Asuh Bengkel Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia

BANYUMAS–Pekerja Migran Indonesia dikenal luas sebagai pejuang devisa bagi negara Indonesia. Mereka berkarya di negara lain untuk memperjuangkan kesejahteraan bagi diri masing-masing serta keluarga yang masih tinggal di kampung halaman. Bagi para pekerja migran Indonesia yang telah pulang ke tanah air, perlu dukungan dari berbagai pihak agar mereka dapat memiliki nilai tambah, mandiri, serta memperoleh kesejahteraan tanpa harus berkarya di luar negeri.


Dilandasi oleh hal itu, Astra Motor sebagai jaringan Main Dealer dan Dealer resmi sepeda motor Honda di Indonesia berkolaborasi dengan Bank Mandiri meluncurkan program Bapak Asuh Bengkel. Moko Motor yang terletak di Baturraden – Banyumas secara resmi dibuka pada tanggal 30 April 2019 sebagai bengkel pertama dalam program ini di wilayah Astra Motor Yogyakarta.

Technical Service Department Head Astra Motor Hadijanto Santoso mengungkapkan bahwa Astra Motor dan Bank Mandiri memiliki satu kesamaan yaitu komitmen untuk berkontribusi membangun bangsa serta menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Melalui program Bapak Asuh bengkel ini semoga Astra Motor dapat selalu memberikan kontribusi terhadap masyarakat Indonesia khususnya para PMI sehingga memiliki perekonomian yang mandiri dan dapat membuka usaha di Indonesia tanpa harus jauh dari keluarga.”

Program Bapak Asuh Bengkel ini, sebelumnya telah kami sosialisasikan di Malaysia pada Desember 2017. Di mana pada tahap awal yang mendaftar sebanyak 27 PMI yang berasal dari Hongkong, Malaysia dan Korea Selatan. Setelah melalui proses serangkaian seleksi wawancara dan survey, Astra Motor akhirnya memutuskan 9 peserta menjadi binaan Astra Motor dan Bank Mandiri yang didasarkan tempat usaha, modal, dan service demand.

Pada pertengahan Juli 2018 lalu, 9 peserta terpilih pun telah mengikuti in class training selama 7 hari di Astra Motor Semarang, dan secara langsung sudah diwisuda oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo. Tak hanya itu para peserta pun dibekali materi seputar bisnis bengkel seperti proses administrasi, pendalaman Honda Technical Education Program (HOTEP), basic mentality dan ditutup dengan OJT (On the Job Training) selama 14 hari di jaringan AHASS.

“Kedepannya kami harapkan Moko Motor dapat terus tumbuh dan berkembang serta menjadi bagian dari jaringan resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Sehingga sebagai bengkel pertama yang diresmikan dalam program Bapak Asuh Bengkel ini Moko Motor bisa menjadi teladan bagi peserta program lainnya.” pungkas Hadijanto Santoso.(Penulis: D14N/Foto: Astra Motor Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »