Kawasaki KZ200 Tahun 1981 (Jogja), Tampilan Sikebo Giras

JOGJA-Sikebo Giras, demikian julukan motor Kawasaki Binter Mercy KZ200 langsiran tahun 1981 milik Yohanes Ringgo. Kebo giras yang berabti seekor kebo yang sangat liar, memang pas dialamatkan pada motor Ringgo ini.


Sebab dengan sentuhan modif aliran brat style dengan tangki yang sedikit gambot serta kaki-kaki yang begitu kokoh, rasanya sangat mendukung julukan itu. Apalagi didapur pacu juga juga sedikit banyak dikorek untuk mengusung body yang besar.


Pada sock depan, sock Yamaha Byson yang juga dikenal dengan sock sejuta umat, berdiri kokoh dikaki-kaki depan. Spck ini dipilih karena ukuranya yang sudah besar dan kuat, serta harganya yang sangat terjangkau oleh konsumen.


Sock kekar ini memang sering dipilih banyak builder sebagai pilihan utama dalam memodifikasi dikaki depan. Demikian pula yang ada dimotor Ringgo ini, toh semua juga menjaga tampilan motor agar sesuai sengan konsep modif.


“Sock ini sudah berukuran besar. Serta harganya juga tidak terlalu mahal. Sehingga saya putuskan untuk gunakan sock jenis ini. Sedangkan sock belakang saya juga memilih yang kuat dari produk variasi yang banyak beredar dipasaran. Pokoknya tujuan saya hanya satu. Yaitu agar sikebo terlihat kokoh, kuat dan nyaman dikendarai,” kata Ringgo dengan mantap.


Untuk swing arm adalah bagian yang penting disebuah motor. Sebab bagian yang satu ini juga menengtukan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Arm RD Racing Ninja 250 begitu pas dipasang dimotor milik Ringgo ini. Walau sempat mengalami beberapa kali bongkar pasang untuk menyesuaikan dengan sock belakangnya. Akhirnya terpasang pula dengan kokoh dan sangat balance.


Dimotor ringgo ini, sebenarnya sudah disediakan dua tangmki. Satu tangi dengan mentuk sedikit memanjang seperti tangki motor-motor japs styele. Sedangkan tangki yang satunya adalah tangki yang sekarang dipasang dimotor. Bentuknya tambun dan mampu menampung bensin kurang lebih dua puluh liter. Sehingga sekali isi bisa buat jarak yang lumayan jauh.


“Karena sering dipakai jarak jauh, atau kalau tidak juga tiap harinya dipakai kendaraan harian, maka tangki dibikin besar. Tujuannya agar sikebo tidak cepat ngisi bensin. Kalau hanya dipakai buat kota-kota saja, paling satu minggu sekali isinya. Kalau buat turing antar kota, semisal buat jalan jogja-semarang pulang pergi, ya saya Cuma sekali isi full. Itu saja masih sisa beberapa liter. Inilah untungnya kalau punya tangki berkapasitas lumayan besar,” tambah Ringgo.


Percuma kalau motor dimodif namun tak bertenaga. Menyadarai akan hal yang satu ini, maka Ringgo sudah merubah beberapa bagian mesin yang tentunya bakalan mendongkrak tenaga sikebo arag tetap kuat dan bertenaga. Untuk memasok piston yang sudah diganti dengan piston mobil Honda excellent, maka ringgo mengganti karburator aslinya dengan karburator Kawasaki ninja. Sedangkan pengapian dipercayakan pada CDI merek BRT dank oil milik Suzuki Shogun tembem alias shogun kebo.


“Nah dengan demikian, sikebo bisa lari kenceng dan sangat bertenaga. Bahkan untuk turingpun sudah nggak masalah lagi,” tutup ringgo dengan penuh bangga. (Penulie/Foto: Riy@n).

DATA MODIFIKASI:
Sock Depan : Yamaha Byson
Sock Belakang : Variasi
Swing Arm : RD Racing N250
Body Full : Custom
Frame/Sasis : Asli Dicustom


Veleg Dpn./Blk. : Rossi Ring 17
Ban Dpn./Blk. : Comet 120/70-17 & 150/60-17
Master/Kaliper Dpn. : Brembo
Master/Kaliper Blk. : Aprilia
Setang/Segi Tiga : Yamaha Byson
Lampu Dpn./Blk. : Variasi
Knalpot : Custom
Karburator/Piston : Ninja & Honda Excelent
Biaya Modif : –
Pengerjaan : 2 Bulan
Modifikator : YYK Garage Jogja
Alamat : Jl. Munggur Pengok (Selatan Bengkel PJKA)
Kodya Jogjakarta
Hand Phone : 0858-7922-8182

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »