Sepanjang Tahun 2019, Belasan Ribu Bikers Berkolaborasi Wujudkan Perilaku Aman Berkendara di Jalan Raya

JOGJA–Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas terus memperkuat komitmennya untuk mewujudkan perilaku aman berkendara di jalan raya melalui beragam program safety riding. Tercatat, sepanjang tahun 2019 lalu 11.994 bikers dari berbagai lapisan masyarakat telah mengikuti pelatihan bersama instruktur safety riding Astra Motor Yogyakarta.


Marketing Region Head Astra Motor Yogyakarta Jeffry Mei Gamastra Runawang mengungkapkan upaya untuk mewujudkan perilaku aman berkendara di jalan raya membutuhkan partisipasi dari berbagai elemen, oleh karena itu pelatihan safety riding yang diselenggarakan oleh Astra Motor Yogyakarta menyasar ke berbagai lapisan masyarakat.

“Sepanjang tahun 2019 kami mengadakan pelatihan bersama dengan belasan ribu peserta dengan latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari pelajar, guru, aparat pemerintahan, karyawan swasta, anggota komunitas bikers, hingga korporasi. Harapannya seluruh bagian tersebut dapat berkolaborasi untuk mewujudkan perilaku aman berkendara di jalan raya.”

Selain mengikuti pelatihan bersama instruktur safety riding Astra Motor Yogyakarta, masyarakat juga bisa belajar melalui Honda Riding Trainer yang tersedia di Dealer-Dealer Honda. Honda Riding Trainer merupakan simulator yang mengajak penggunannya untuk belajar mengenai peraturan lalu lintas hingga resiko yang mungkin timbul di jalan raya. Tercatat sepanjang tahun 2019 terdapat 61.372 user perangkat Honda Riding Trainer.

Untuk memberikan edukasi bagi pengendara pemula yang akan dan baru memperoleh SIM mengenai perilaku aman berkendara di jalan raya, Astra Motor Yogyakarta memiliki program sekolah binaan safety riding. Hingga akhir tahun 2019 terdapat 7 sekolah binaan yang memiliki safety riding taskforce di dalamnya yaitu SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, SMK Ma’arif 1 Wates, SMK Manggalatama Cilacap, SMK Muhammadiyah 1 Imogiri, SMK Muhammadiyah Prambanan, SMK Negeri 1 Seyegan, dan SMK Muhammadiyah Karangmojo.

Edukasi Safety Riding Sejak Dini

Mengawali tahun 2020, Astra Motor Yogyakarta berkolaborasi dengan Keluarga Besar Pushbike Yogyakarta (KBPY) menggelar pelatihan safety riding bersama dengan konsep fun training. Anak-anak berusia 2-7 tahun anggota KBPY diajak untuk mengenal beberapa rambu lalulintas dan pentingnya mengenakan helm di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (9-10/1). Fun training dilaksanakan secara teori dengan metode story telling dan praktek dilaksanakan dengan menggunakan lintasan safety riding course yang digabungkan dengan beberapa rambu lalu lintas.

“Berkolaborasi dengan KBPY, kami ingin mengemas mengenalkan beberapa hal dasar tentang keselamatan kepada anak-anak usia dini dengan cara yang unik dan menyenangkan. Salah satunya dengan menggabungkan push bike yang trennya saat ini sedang naik dengan metode pelatihan yang sederhana. Semoga pelatihan ini bisa lebih mengena bagi anak-anak usia dini.” ungkap Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal. (Penulis: SaF1tri/Foto: Astra Motor Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »