Kolaborasi Bersama Dinas Perhubungan DIY Dan Polda DIY Astra Motor Yogyakarta Gelar Webinar Safety Riding Untuk Mahasiswa UNY

JOGJA- Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas kembali menegaskan komitmennya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Salah satunya melalui webinar safety riding yang digelar untuk mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (19/09). Berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Ditlantas Polda DIY, seminar daring ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru dan dosen-dosen jurusan Teknik Otomotif UNY.

“Berdasar data dari Korlantas Republik Indonesia, salah satu faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah perilaku berkendara dari pengemudi kendaraan bermotor. Hal itu disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan etika berkendara yang benar. Oleh karena itu melalui webinar yang kami gelar ini semoga bisa menjadi bekal bagi adik-adik mahasiswa baru.” ungkap Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Webinar kali ini dibagi menjadi beberapa segmen yang meliputi pemaparan mengenai pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Keselamatan dan Teknologi Transportasi Dinas Perhubungan DIY Didit Suranto ST. MT dan pembahasan mengenai regulasi lalu lintas yang disampaikan oleh Kasi Audit dan Inspeksi Subdit Kamsel Ditlantas Polda DIY AKP Sukaryati.

Pada segmen penutup, seluruh peserta dibekali dengan materi edukasi tentang teknik berkendara yang aman, potensi bahaya yang mungkin timbul di jalan raya, hingga penyesuaian perlengkapan berkendara di era adaptasi kebiasaan baru. Materi tersebut disampaikan secara langsung oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta Triyanto.

Tak sampai di sini, Astra Motor Yogyakarta juga berkomitmen untuk membekali peserta webinar kali ini dengan pelatihan secara praktek. Hal itu dilakukan untuk mematangkan ketrampilan peserta dalam mengendarai sepeda motor dengan aman bagi diri sendiri dan orang lain.

“Setelah kondisi membaik dan memungkinkan, kami akan mengundang peserta webinar ini untuk mengikuti pelatihan safety riding di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta. Harapannya seluruh peserta dapat mempraktekkan apa yang telah dipelajari secara teori.” pungkas Muhammad Ali Iqbal. (Penulis: SaF1tri/Foto: Astra Motor Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »