SMK Muh 3 Yogyakarta Juara Kontes Kreativitas Pembelajaran Online Honda

JOGJA–Sebagai bentuk komitmen Astra Motor Yogyakarta dalam mengembangkan pendidikan vokasi melalui proses pembelajaran daring, Astra Motor Yogyakarta menggelar kompetisi bertajuk “Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020”. Kompetisi ini diikuti oleh 30 guru dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan sudah tersertifikasi level bronze.

Pembelajaran secara daring memberikan tantangan tersendiri bagi guru dan siswa saat ini. Di satu sisi guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik dan mudah dipahami dan di sisi lain siswa harus beradaptasi untuk berkonsentrasi menerima materi sebaik-baiknya meski tak ada tatap muka secara langsung.

“Untuk meningkatkan kualitas pengajaran, Kami berupaya mendorong bapak/ibu guru untuk membuat bahan ajar yang menarik, mudah dipahami, dan tetap sesuai dengan kurikulum Teknis dan Bisnis Sepeda Motor Honda di masing-masing sekolah.” ungkap Technical Service Manager Astra Motor Yogyakarta Hery Suryo Indratno.

Dalam kompetisi ini guru wajib membuat bahan ajar secara mandiri dan membawakan dua materi ajar dalam durasi 1 X 20 menit yang sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum SMK TBSM. Penilaian peserta dilakukan berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara guru membawakan materi, serta kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 ini digelar pada tanggal 21-25 September 2020 melalui platform Zoom Conference dan Google Meet. Dari hasil kompetisi tersebut, Juara 1 diraih oleh Edi Putra Wiryawan dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta serta Juara 2 dan Juara 3 secara berurutan diraih oleh Melinda Astuti dari SMK Muhammadiyah Prambanan dan Edi Setyawan dari SMK Negeri 1 Gombong. Masing-masing juara secara berurutan berhak hadiah hadiah uang tunai senilai Rp 2.000.000,- ; Rp 1.500.000,- ; dan Rp 1.000.000,- serta piala dan medali. Juara 1 kompetisi ini mewakili Astra Motor Yogyakarta dalam kompetisi tingkat nasional yang akan mempertemukan 27 juara dari 27 Main Dealer sepeda motor Honda di Indonesia.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, semoga prestasi ini dapat menginspirasi guru-guru yang lain untuk terus berkreasi memajukan dunia pendidikan vokasi.” tutup Hery Suryo Indratno. (Penulis: SaF1tri/Foto: Astra Motor Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »