IOF DIY dan ORARI DIY, Kerja Sama Dalam Penanggulangan Bencana

JOGJA-Penanggulangan bencana alam dan penangan secara cepat adalah sudah menjadi hal yang diutamakan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mengingat letak geografis DIY yang sangat dekat dengan gunung Merapi disisi utara dan laut Jawa disisi selatan, yang bisa berpotensi mendatangkan bencana sewaktu-waktu.


Karena hal tersebut diataslah, maka IOF Pengda DIY menandatangani naskah kesepahaman berkaitan dengan komunikasi dalam penanggulangan bencana yang dituangkan dalam naskah kerjasama antra IOF DIY dengan ORARI DIY.


Penandatanganan sendiri dilakukan oleh Dewata Eka Putra selaku Ketua IOF DIY dengan Ketua ORARI DIY Anton Sutrisno, pada hari jumat (27/11) malam di Balai Kanoman Wirosaban Yogyakarta.


Wujud peran aktif IOF DIY dalam kesiap siagaan penanggulangan bencana yang saat ini tertata apik dlam satu komando IOF RESCHUE DIY semakin memantapkan peran sertanya, dengan ditandatanganinya kerjasama dalam hal komunikasi dengan menggandeng ORARI DIY, sebagai organisasi radio amatir yang memiliki ijin dalam penyelenggaraan radio amatir dan radio komunikasi antar penduduk.


Beberapa poin kerjasama yang ditandatangani deiantaranya: Antara IOF DIY dan ORARI DIY saling bersinergi dalam penyelenggaraan komunikasi pada saat bencana. Baik pada saat bencana terjadi, sampai dengan pasca bencana terjadi.


Kemudian IOF DIY bersama ORARI DIY akan melakukan pembinaan dan juga pelatihan, baik pelatihan teknis maupun non teknis, tentang tata cara berkomunikasi, etika berkomunikasi yang berkaitan dengan kegiatan radio amatir kepada anggota IOF yang akan diselenggarakan dalam kegiatan kebencanaan, maupun kegiatan IOF yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan offroad. Lalu ada juga poin kerjasama kegiatan bersama antar lembaga kesiap siagaan kebencanaan IOF RESCHUE DIY bersama CORE yang dimiliki ORARI DIY.

Harapanya dengan ditandatangani MOU ini, IOF DIY semakin bersinergi dalam peran sertanya dalam masyarakat, dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan kebencanaan. (Penulis: WWN/Foto: Dok. IOF DIY).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »