Mitsubishi Xpander AP4 Menjadi Yang Tercepat di Hari Pertama Kejurnas Sprint Rally 2021 Putaran 3

SENTUL, 14 November 2021 – Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021 kembali bergulir men-jalani untuk menjalani Putaran 3 yang berlangsung di Sirkuit Stage Park, Sentul, Jawa Barat. Kejuaraan yang berlangsung pada 13-14 November tersebut akan berlangsung dalam 4 Special Stage (SS), dengan konfigurasi trek clockwise (searah jarum jam) dan anticlockwise (berlawanan arah jarum jam).

Pada hari pertama yang melombakan 2 SS, Mitsubishi Xpander AP4 yang dikemudikan pasangan Rifat Sungkar dan M. Redwan berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu total 7menit 4,4detik. Hasil itu merupakan akumulasi dari SS1 yang membukukan waktu 03:33.5, sementara di SS2 mencatat waktu 03:30.9. Perolehan waktu tersebut lebih cepat 9,7 detik dari pesaing terdekat di Kelas M1 yaitu pasangan Ryan Nirwan dan Adi In-diarto.

Selain di Kelas M, persaingan menarik juga terjadi di Kelas F3 yaitu antara pasangan pereli Rizal Sungkar/Gerry Rosanto dengan pasangan Abram E. Tarigan/Dimas Dwiputra. Juga antara Indie Fiancoko/Fendi Bagus dengan pasangan Farrel HKR/Rulianto Katam di Kelas R2.

Cuaca yang tidak menentu kembali menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh semua pe-serta yang berjumlah 109 pereli. Kendati demikian lintasan gravel sepanjang 14 km yang ada di track Stage Park Sentul masih layak untuk dilewati.

“Lintasan gravel yang ada di Stage Park cukup menantang dan terbilang bagus. Meski hujan mengguyur namun lintasan masih dapat dilewati semua peserta baik kendaraan four wheel drive maupun two wheel drive,” ucap Rifat Sungkar.

Menurut Rifat, lintasan Stage Park yang merupakan perbukitan menjadi tantangan menarik yang berbeda dari lintasan sebelumnya di Tanjung Lesung. Trek gravel yang berbatu mem-buat pereli harus berhati-hati terutama di tikungan dalam. Untuk itu Xpander AP4 mengalami perubahan settingan, dimana suspensi diatur lebih tinggi dan empuk agar dapat mengatasi tantangan yang ada.

Pereli andalan Mitsubishi Xpander Rally Team itu juga mengatakan bahwa kehadiran kon-figurasi trek clockwise dan anti-clockwise turut memberi tantangan yang menarik pada event bertajuk Bintang Automotive Sprint Rally 2021 ini.

“Jalurnya sama, namun karena dibalik, tantangannya menjadi berbeda. Di hari pertama ini kebih banyak yang menanjak. Nah nanti di hari kedua akan kebih banyak turunannya. Dan ini salah satu cara yang bagus untuk menambah variasi lintasan pada satu trek yang sama,” puji Rifat.

Lintasan dengan konfigurasi anticlockwise sendiri baru akan dipakai pada hari kedua, Minggu, 14 November 2021.

“Di hari pertama performa kami cukup bagus dan berhasil menjadi yang tercepat. Mitsubishi Xpander AP4 juga terasa enak dalam menaklukkan tantangan yang ada. Kami berharap di hari kedua, kami dapat kembali menjadi yang terbaik dan meraih gelar juara baik di Kategori M maupun Umum,” ucap Rifat Sungkar.

Di hari kedua Minggu (14/11), rencananya akan ada 2 SS yang bakal digelar dimana keduanya dilakukan berlawanan dengan arah jarum jam atau anti-clockwise.

Melihat hasil bagus di hari pertama, Mitsubishi Xpander Rally Team merasa optimis dapat mempertahankan performa terbaik hingga hari kedua sekaligus merebut gelar juara pada Kejurnas Sprint Rally 2021 Putaran 3 ini. (Penulis: SaF1tri/Foto: Istimewa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »