Kenali Penyebab Ban Selip Ala Honda Istimewa

Yogyakarta – Banyak sekali pengguna sepeda motor yang belum mengetahui cara berkendara yang aman dan benar. Hal ini dapat menyebabkan potensi risiko kecelakaan lebih besar. Salah satunya ketika sepeda motor mengalami ban selip (skid).

Kondisi ban selip dapat terjadi karena ban kekurangan cengkeraman pada permukaan jalan. Sehingga kontrol atas kendaraan menjadi hilang. Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas akan membahas mengenai tips aman mengatasi ban selip (skid) saat berkendara :
Terdapat 3 (tiga) kondisi ban selip pada kendaran ketika di jalan. Jika kita sudah mengenali ketiganya, maka pengendara bisa dengan baik mengantispasi serta mengatasi jika mengalaminya. Berikut 3 (tiga) kondisi ban selip :
1. Braking Skid
Terjadi karena pengereman yang terlalu kuat, sehingga roda terkunci dan berhenti berputar. Kondisi ini bisa disebut sebagai Panic Braking atau melakukan pengereman yang salah. Pengendara mengalami kaget dan panik setelah mengetahui bahaya yang muncul tiba-tiba sehingga menarik tuas rem atau menginjak rem kuat-kuat. Padahal jika misalnya bahaya tersebut adalah sebuah objek yang ada di depan dengan cara rem mendadak, objek akan sulit dihindari dan akhirnya terjadi kecelakaan. Sehingga ban kehilangan traksi dan kemudi tidak bisa dikendalikan.

2. Power Skid
Hal Ini disebabkan karena membuka gas penuh dengan seketika (mendadak), atau ketika berada pada kondisi jalan berpasir atau tanah basah. Seharusnya dalam kondisi seperti ini, kita membuka gas secara bertahap.

3. Cornering Skid
Yaitu hilangnya traksi ban pada jalan ketika kendaraan melalui tikungan. Hal ini diakibatkan karena traksi roda depan lebih kecil dibanding roda belakang ataupun sebaliknya. Sebaiknya kita kurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan.
Ada beberapa cara mengatasi agar ban tidak mengalami selip (skid) seperti, rutin dalam pengecekan tekanan ban sepeda motor, berkendara dalam kecepatan yang wajar dan terkendali serta juga wajib mengenali rute yang akan di lalui.
Untuk dapat berkendara dengan aman dan benar, kita dapat mengikuti pelatihan prediksi bahaya di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta yang beralamat di Jalan Jend. Sudirman Nomor 99 Yogyakarta.
“Kepentingan keselamatan berkendara harus diatas kepentingan lainnya saat berada di jalan raya”, pungkas Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal. (Penulis:D14N/Foto:Astra Motor Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »